Friday, May 11, 2018

Resep Kue Lebaran Khas Makassar, Kue Putu Cangkir

Resep Kue Lebaran Khas Makassar, Kue Putu Cangkir
Resep Kue Lebaran
Kue Putu Cangkir merupakan kue khas dari Makassar, kue ini sering disajikan saat ada acara-acara tertentu dan juga disaat lebaran, begitu pun dengan Anda yang merasa bosan dengan sajian makanan atau kue pada saat lebaran, bisa coba Resep Kue Lebaran yang satu ini untuk Anda buat di rumah, karena bahan yang digunakannya pun umum seperti membuat kue pada umumnya, tapi karena kue ini khas dari Makassar, jadi ada ciri khas dari kue ini.

Langsung saja kita persiapkan bahan-bahan yang akan digunakannya:
Resep Kue Lebaran Khas Makassar, Kue Putu Cangkir
Resep Kue Lebaran
  • 200 gram tepung ketang berkualitas baik
  • 200 gram tepung beras kualitas baik juga
  • 150 gram gula merah yang telah dparut kasar
  • 1 butir kelapa parut memanjang (kelapa parut campur degan garam dan kukus untuk taburannya)
  • 2 sdm pasta pandan
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt vanili
Cara membuat kue Putu Cangkir:
  1. Siapkan wadah, campurkan tepung ketan, tepung berasn, kelapa, garam dan vaili, serta pasta pandan. Aduk hingga merata.
  2. Setelah itu, siapkan cetakan kue dengan diameter 3 cm, masukan adonan kedalam cetakan tersebut setengahnya saja, masukan gula merah, tutup kembali dengan adonan dan tekan-tekan supaya lebih padat.
  3. Siapkan kukusan, kue tadi kukus kedalam panci selama kurang lebih 40 menit sampai matang. Angkat dan keluarkan dari cetakannya.
  4. Kue Putu Cangkir sudah siap untuk disajikan, lebih enak kalau disajikan saat masih hangat dan jangan lupa untuk diberi taburan kelapa yang telah dikukus tadi.
Mudah, bukan. Nah, Anda bisa membuat Resep Kue Lebaran ini di rumah, karena bahannya pun tak sulit didapatkan, cara membuatnya pun tidak sulit juga. Untuk itu, sajian kue lebaran bisa Anda buat dengan ragam pilihan yang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri, apalagi makanan kahs dari berbagai daerah yang disajikan diatas meja akan menambah citarasa kuliner dari berbaga daerah tersebut.

No comments:

Post a Comment