Sunday, December 9, 2018

Ciri-Ciri Anda Harus Ganti Oli Motor


Fungsi oli mesin pada kendaraan bermotor sangatlah penting. Selain sebagai pelumas, oli juga berfungsi meratakan panas mesin ke seluruh komponen mesin. Hal inilah yang dapat membuat performa motor anda menjadi baik. ada banyak merk dan jenis oli motor yang dijual dipasaran, salah satunya ada Top 1 yang terbaik yang bisa anda pilih. Untuk menjaga performa motor anda tetap baik, maka oli mesti diganti secara rutin dan berkala. Adapun beberapa ciri-ciri oli motor anda perlu diganti, diantaranya:

1. Warna hitam pekat dan encer


Biasanya oli yang baru itu berwarna coklat dan biru. Memang berwarna pekat, namun tidak berwarna hitam. Cairan ini bisa berubah menjadi warna hitam karena terkena panas dan zat emisi atau kerak sisa pembakaran. Oli yang sudah hitam merupakan oli yang sudah terkontaminasi banyak zat seperti kerak, gas Nox dan bensin yang tidak terbakar. Jika kondisi tersebut terus anda gunakan, maka daya lumasnya akan menurun dan membuat mesin menjadi aus. Itulah sebabnya jika oli mesin anda sudah berubah hitam pekat, maka harus segera diganti.

2. Volume oli mulai berkurang


Setiap kendaraan memiliki kapasitas oli masing-masing tergantung dari kapasitas mesin kendaraan tersebut. Tetapi volume oli tersebut lambat laun bisa berkurang seiring bertambahnya pemakaian mesin. Biasanya hal ini disebabkan oli yang menguap karena panas dari mesin yang disalurkan ke udara untuk motor jenis karbu dan ke intake manifold untuk motor jenis injeksi. Meskipun penguapannya sedikit, namun jika pemakaian mesin terlalu banyak bisa membuat volume oli dapat berkurang. Selain itu bisa juga volume oli anda berkurang karena adanya kebocoran oli.

3. Suhu mesin terasa lebih tinggi dari sebelumnya


Seperti yang disebutkan tadi diatas, selain sebagai pelumas, oli juga berfungsi untuk mendinginkan mesin sehingga terhindar dari overheat. Jika oli pada motor anda sudah berkurang, maka mesin menjadi cepat panas dan ini tentunya sangat berbahaya untuk kondisi motor anda.

Itulah beberapa ciri oli pada motor anda perlu diganti. Untuk itu gunakanlah oli motor berkualitas seperti Top 1 yang bisa membuat motor anda tambah prima.

No comments:

Post a Comment