Monday, October 30, 2017

3 Tips Menentukan Kesuksesan Permainan Bagi Anak


Kesuksesan mainan edukasi bagi perkembangan anak bisa anda lakukan dengan 3 langkah ini, diantaranya; menentukan tujuan, pemilihan cara atau teknis dan melakukan evaluasi dengan melihat perubahan anak atas nilai-nilai yang diharapkan dari permainan tersebut.

Mainan edukasi bisa dikatakan sebagai sebuah cara efektif dan efisien dalam mendampingi pertumbuhan anak. Saat hendak menentukan permainan ini, pastikan tujuan apa yang anda hendak capai dengan permainan ini. Nah, inilah yang sering banyak mengundang perdebatan, sejauh mana dan dalam hal apa orang tua bisa menentukan permainan seperti apa yang mesti diterapkan? Untuk menjawab hal itu, berikut beberapa hal yang mesti anda pahami.

Tujuan. Saat anda menghadirkan sebuah permainan bagi anak anda, pastikan tujuan anda agar permainan tersebut efektif dan efisien. Saat membicarakan tujuan, akan ada sangat banyak sekali yang akan muncul. Tapi, tujuan yang paling tepat ialah untuk meningkatkan kemampuan anak. Saat anda memiliki tujuan tersebut, mestilah anda mengetahui sejauh mana kemampuan anak apabila anda menerapkan permainan tersebut. Tujuan selanjutnya yang tepat dan bisa anda capai ialah keceriaan dan interaksi orang tua dan anak. Ketiga tujuan tersebut merupakan cara terbaik agar permainannya lebih terarah, efektif dan efisien.

Cara atau teknis permainan. Saat sudah menentukan permainan apa yang hendak dilakukan, pastikan caranya mudah dilakukan. Selain itu, pastikan cara atau teknisnya pun mengarah pada tujuan yang telah anda tentukan sebelumnya. Hal yang paling penting dari aspek ini ialah keamanan. Pastikan persiapan dan teknis permainan yang digunakan tidak membahayakan si kecil. Keselamatan merupakan prioritas, jangan sampai hal yang tidak diinginkan terjadi.

Hasil dan Evaluasi. Saat permainan telah usai, pastikan anda untuk selalu mengevaluasi permainan yang anda kerjakan. Bentuk evaluasinya berupa feedback dari si kecil dengan melihat perubahan seperti apa yang terjadi, apakah nilai yang ada dalam permainan bisa dilakukan pula dalam kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya.

Ketiga cara tersebut merupakan langkah anda untuk menentukan keberhasilan permainan yang anda lakukan bersama di kecil. Pastikan bahwa mainan edukasi yang dilakukan mampu membuat anak meningkat petumbuhannya, ceria dan interaksi pun bisa berjalan lebih lancar sesuai tujuan yang anda telah susun.

No comments:

Post a Comment