Tuesday, October 6, 2020

Inilah Tahapan Umur Berapa Anak Bisa Bicara

Tumbuh kembang pada anak tidaklah sama, namun umumnya anak yang tumbuh dengan baik diikuti dengan kecerdasan bahasa dan tingkah laku. Sedangkan bila Bunda bertanya, umur berapa anak bisa bicara? Jawabannya pun tetap sama, tumbuh kembang anak berbeda-beda.

Namun untuk mengetahui umur berapa anak bisa bicara sebenarnya dapat dilihat dari dua tahapan, yakni:

Tahap Bahasa Reseptif

Tahap dimana bayi memiliki kemampuan berbahasa untuk mengenal dan bereaksi terhadap orang di sekitar dan mampu untuk mengerti maksud mimik juga nada suara orang tuanya yang pada akhirnya mengerti kata-kata.

Pada dasarnya bayi belum bisa bicara, namun bila Bunda aktif mengajak bicara mereka, maka secara otomatis mereka menyerap informasi yang disampaikan dan memperkaya kosakata. 

Dan biasanya bayi akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk belajar bagaimana mengkoordinasikan antara lidah dan mulut untuk menghasilkan suara.



Tahap Bahasa Ekspresif

Selanjutnya adalah tahap Bahasa ekspresif, yang dimulai dari usia:

1. Usia 3 bulan

Di usia ini, bayi akan lebih banyak mengeluarkan ekspresi sebagai bentuk komunikasi mereka. Menangis adalah bentuk bahasa ekspresif bayi untuk pertama kali. 

Ada beberapa macam bentuk tangisan pada bayi, tergantung pada tangisan bayi untuk berkomunikasi pada Bunda.

2. Usia 4-6 bulan

Pada usia ini bayi akan mulai mengeluarkan suara berupa ocehan dan respon ketawa untuk menanggapi suara yang ia dengar. 

Meskipun si Buah Hati sudah mulai mengoceh, tapi kata-kata yang dibentuk masih belum membentuk kosakata yang sebenarnya. 

Bertahap sesuai dengan pertumbuhannya Buah Hati akan mulai membuat beberapa suara yang nantinya akan digunakan untuk membentuk kata-kata.

4. Usia 7-12 bulan

Bunda, bahasa reseptif bayi pada usia ini akan mulai berkembang. Mereka juga lebih mengerti dan dapat memahami instruksi sederhana dari kata yang Bunda ucapkan seperti `tidak-tidak`.

Buah hati mungkin belum dapat bicara sempurna, namun mereka akan lebih banyak mengoceh untuk mengekspresikan berbagai hal yang ada disekitar dengan menirukan suara atau gerakan Bunda.

Demikianlah Bunda informasi mengenai umur berapa anak bisa bicara, semoga ulasan di atas dapat membantu dan memberikan informasi yang bermanfaat. Jangan lupa berikan Buah Hati susu Dancow untuk membantu tumbuh kembang mereka semakin pintar.


No comments:

Post a Comment