Saturday, December 9, 2017

Perkembangan Saluran Pencernaan Si Kecil

Perkembangan Saluran Pencernaan Si Kecil
Saluran pencernaan memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Setiap tubuh harus bisa menjaga saluran pencernaannya. Bagi orang dewasa mungkin mengerti apa saja yang bisa menguatkan dan mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan. 

Tapi, bagaimana dengan anak-anak? Orang tualah yang harus memberikannya asupan gizi yang tepat. Setelah program ASI Eksklusif selesai diberikan maka, selanjutnya lengkapi nutrisinya dengan susu Dancow.
Perkembangan Saluran Pencernaan Si Kecil
Sistem pencernaan manusia memiliki lapisan lendir yang melindungi saluran pencernaan dari mikroba dan kontaminan lainnya. Pada bayi, penghalang pelindung ini belum matang, yang membuat si kecil berisiko terkena infeksi. 

Antibodi dalam ASI mampu membantu melindungi bayi Anda sampai lapisan mukosa pencernaannya matang dan dia meningkatkan kemampuannya untuk menghasilkan antibodi sendiri, yang terjadi sekitar usia enam bulan.

Vitamin dan mineral membantu saluran pencernaan bayi Anda bekerja maksimal. Tapi jangan memberi suplemen zat besi atau makanan yang diperkaya zat besi sebelum berusia enam bulan. Karena zat besi tambahan ini akan mengurangi kemampuannya untuk menyerap zat besi dari makanan. Dalam enam bulan pertama, ASI penting bagi pematangan pencernaan bayi Anda karena membantunya mengembangkan bakteri baik di usus.

Bakteri baik ini membantu mencegah invasi oleh patogen, dan juga membantu lapisan usus anak Anda menjadi matang. Meskipun bayi Anda mungkin tertarik pada makanan padat, sistem pencernaannya tidak akan siap untuk masa transisi sampai usianya sekitar enam bulan. 

Tubuhnya tidak akan menghasilkan kadar enzim yang cukup untuk mencerna pati sampai sekitar usia enam bulan, dan enzim yang mencerna karbohidrat tidak mencapai kadar yang cukup sampai tujuh bulan.

Lipase dan garam empedu, yang membantu pencernaan lemak, belum memiliki kinerja yang baik sampai usia enam sampai sembilan bulan. Selain itu, antara usia empat dan enam bulan, bayi memiliki "usus terbuka", yang memungkinkan seluruh protein mengalir langsung dari usus kecil ke dalam aliran darah. Fungsi dari pembukaan ini adalah untuk memungkinkan antibodi dari ASI memasuki aliran darah.

Anda tak perlu khawatir setelah bayi tidak lagi mengasup ASI karena Dancow 1 mengandung Lactobacillus rhamnosus, serat pangan inulin dan bifidobacterium longum yang baik untuk pencernaan si kecil.

No comments:

Post a Comment