Saturday, September 26, 2020

Hindari Hal Berikut Saat Buah Hati Belajar Berpuasa



Menjalankan ibadah puasa merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalankan oleh semua umat muslim yang telah dewasa. Anak-anak yang belum memasuki usia baligh belum memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah tersebut akan tetapi semua orang tua bisa membiasakan anak-anak untuk menahan haus dan lapar dan belajar berpuasa ketika bulan ramadhan. Dengan menerapkan tips agar kuat puasa yang tepat maka buah hati kita yang masih berusia anak-anak bisa belajar berpuasa sedini mungkin dan membuat mereka terbiasa menjalankan ibadah tersebut saat sudah dewasa.


Salah satu tips agar kuat puasa bagi anak-anak adalah dengan mengiming-imingi mereka hadiah sederhana ketika mampu menahan haus dan lapar selama rentan waktu tertentu. Langkah pertama untuk memotivasi anak-anak adalah dengan menghadiri mereka berupa makanan maupun mainan apabila buah hati kita mampu menahan haus dan lapar dalam waktu yang telah kita tentukan.




Bentuk lain untuk memotivasi buah hati kita adalah dengan menyiapkan menu makanan favorit mereka saat berbuka maupun sahur. Hal tersebut tentunya akan lebih mudah bagi orang tua untuk membiasakan anak-anak menahan haus dan lapar dan menjalankan ibadah puasa ketika bulan ramadhan. Selain menerapkan tips agar kuat puasa yang tepat bagi anak-anak, selama menahan haus dan lapar anak-anak kita juga harus dihindarkan dari beberapa hal berikut agar mereka mampu menjalankan ibadah tersebut dengan baik.


Hal pertama yang harus dihindari adalah jangan memberikan makanan yang bisa memicu timbulnya masalah pencernaan. Beberapa macam makanan seperti makanan yang terlalu pedas hingga menu makanan yang belum cocok dikonsumsi oleh anak-anak harus dihindari untuk diberikan kepada mereka khususnya saat belajar menahan haus dan lapar.


Hal tersebut untuk mengurangi resiko timbulnya permasalahan pada organ pencernaannya. Hal selanjutnya yang harus dihindari adalah tidak boleh memaksakan anak-anak untuk berpuasa melebihi kemampuannya.


Apabila anak kita hanya kuat menjalankan ibadah puasa setengah hari maka kita sebagai orang tua tidak boleh memaksakan untuk menahan mereka agar tidak minum dan makan dalam waktu yang lebih lama. Selain belum memiliki kewajiban tubuh anak-anak juga masih belum kuat untuk menahan haus dan lapar dalam waktu yang cukup lama.

No comments:

Post a Comment