Tuesday, September 8, 2020

5 Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

kecanduan gadget

Dewasa ini sangat sulit sekali untuk melepaskan si kecil dari gadget. Mereka senang menggunakannya, bahkan hingga level kecanduan. Jika sudah berlebihan, tentu saja akan memengaruhi kesehatan mereka. Nah, berikut kami jelaskan 5 tips agar Anak tidak kecanduan gadget.

1. Awasi si Kecil Saat Menggunakannya

Usahakanlah untuk meletakkan gadget di ruang keluarga. Jangan menyimpan gadget di kamar anak. Lalu, jangan lupa juga untuk mengawasi si kecil agar tidak berlebihan. Sesekali, bunda boleh mengajaknya bermain gadget bersama. Atau, bisa juga dengan menanyakan apa yang membuat mereka tertarik bermain atau menonton.

kecanduan gadget


2. Pilih Aplikasi Sesuai Usia Mereka

Jangan lupa juga untuk memastikan aplikasi yang mereka gunakan sudah sesuai dengan usianya. Begitu juga dengan tontonan apa yang sering dilihat. Sesuaikan aplikasi, maupun tontonan dengan usia mereka.

3. Memberi Contoh yang Baik

Berilah si kecil contoh yang baik. Apa yang sering Anda mainkan atau ditonton melalui gadget, tanpa disadari akan memberi contoh bagi mereka. Jika tontonan dan aplikasi yang sering Anda lihat dan gunakan kurang baik, maka berbahaya jika ditiru oleh mereka.

4. Membuat Jadwal Penggunaan Gadget

Alangkah baiknya anda membuat jadwal khusus untuk penggunaan gadget mereka. Batasilah penggunaan gadget mereka. Ajak juga mereka berdiskusi agar bisa menyepakati waktu menggunakannya. Misalnya, menggunakan gadget maksimal 1 jam hanya di akhir pekan saja.

5. Tetapkan Waktu Bebas Penggunaan Gadget

Ajaklah si kecil untuk tidak menggunakan gadget di waktu-waktu tertentu. Misalnya ketika makan, saat berjalan, ketika di tempat umum, dan waktu-waktu lainnya. Hal ini, juga berlaku untuk ayah dan bunda. Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa memiliki quality time saat bersama-sama keluarga.

Kesimpulan

Banyak aplikasi dan tontonan yang bagus untuk anak pada gadget. Namun, sebagai orangtua, kita wajib membatasinya. Hal ini agar tidak membuat mereka kecanduan dan ketergantungan, karena, jika sudah kecanduan, akan sulit bagi mereka untuk melepaskannya.

Nah, itulah beberapa tips sederhana cara mengatasi dan mencegah anak yang kecanduan gadget. Mulailah dari sekarang agar si kecil bisa membatasi diri saat menggunakannya. Karena, hal ini juga bagus untuk kesehatan mereka.

No comments:

Post a Comment