Sunday, November 5, 2023

Cara Memenuhi Kebutuhan Asam Folat untuk Ibu Hamil



Ibu hamil membutuhkan nutrisi dan gizi yang lengkap untuk membantu tumbuh kembang janin. Salah satu nutrisi penting yang harus Anda penuhi adalah asam folat. Ada banyak sekali manfaat asam folat untuk ibu hamil seperti membentuk plasenta, menurunkan risiko preeklamsia, mengoptimalkan produksi sel darah merah, mencegah cacat tabung saraf, dan lain sebagainya. 

Cara Memenuhi Kebutuhan  Asam Folat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan asam folat untuk kesehatan janin maupun ibu sendiri. Namun, kebutuhan ibu hamil disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing. Pada umumnya, ibu hamil membutuhkan asam folat sebesar 600 mcg per hari. 

Namun pada kondisi tertentu, ibu hamil bisa membutuhkan asam folat yang lebih tinggi. Contohnya yaitu ibu hamil yang pernah melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf membutuhkan asam folat sebesar 4.000 mcg per hari.

Kebutuhan asam folat untuk kondisi lainnya bisa didiskusikan dengan dokter. Anda bisa memenuhi kebutuhan asam folat dengan dua cara yaitu sebagai berikut:

1. Makanan Mengandung Asam Folat

Sumber asam folat yang paling utama tentu saja adalah makanan. Ada banyak sekali makanan yang memiliki kandungan asam folat tinggi. Anda bisa mengkonsumsi makanan tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Tidak hanya asam folat saja, makanan-makanan ini juga mengandung nutrisi atau kandungan lainnya. Rekomendasi makanan yang mengandung asam folat tinggi yaitu sayuran hijau seperti kangkung, seledri, dan bayam. Lalu Anda juga bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, hati sapi, telur, buah-buahan, dan asparagus. 

2. Suplemen Asam Folat

Suplemen asam folat merupakan suplemen yang mengandung asam folat atau vitamin B9. Jika kebutuhan asam folat belum terpenuhi dari makanan, maka Anda bisa mengoptimalkannya dengan suplemen.

Namun, pastikan memilih suplemen yang memang aman untuk ibu hamil. Biasanya ada suplemen asam folat khusus ibu hamil. Selain itu, perhatikan dosisnya sebelum mengkonsumsi suplemen. 

Itulah informasi mengenai cara memenuhi kebutuhan asam folat untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Selain memastikan kesehatan janin, Anda juga perlu memastikan kebutuhan bayi terpenuhi. Terutama saat baru lahir. Gunakan popok newborn yang aman untuk bayi yaitu MAKUKU SAP Diapers. Teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) terbukti baik untuk bayi baru lahir karena anti ruam, anti bocor, dan anti gumpal. 

No comments:

Post a Comment